In The Shadow of Change: Bercermin dalam Bayangan, Citra Perempuan dalam Sastra Indonesia

Penerbit:Desantara
Tahun Terbit:Juli 2003
ISBN:979-96461-5-4
Jumlah Halaman:284
Harga:Rp40,000
Penulis:

(Barang Habis)

Deskripsi

In the Shadow of Change adalah sebuah studi terhadap karya sastra yang diproduksi dan dikonsumsi di Indonesia. In the Shadow of Change merupakan satu tonggak penting dalam penulisan sejarah kesusastraan Indonesia. Melalui buku ini Tineke menyampaikan hasil penelitiannya selama 5 tahun, 1984 sampai 1989, sebuah pembacaan kembali terhadap 25 novel dan tiga cerita panjang dalam kurun waktu 5 dekade (1937 sampai 1986) dengan kacamata perempuan. Tineke Hellwig mengambil teori sastra feminis, yang berakar pada perubahan sosial di Barat dan berkembang di dunia akademis Barat untuk melakukan suatu pembacaan kritis terhadap karya-karya sastra Indonesia. Kritik sastra feminis meneliti bagaimana suatu teks merepresentasikan perempuan; bagaimana teks mendefinisikan feminitas dan maskulinitas; serta bagaimana teks menegaskan, mempertanyakan, atau mengkritik ideologi gender. Interpretasi feminis merupakan bagian dari perjuangan melawan ideologi patriarkhal yang dominan.

In the Shadow of Change merupakan pelopor dalam menerapkan kritik sastra feminis sebagai pendekatan untuk membaca satu per satu teks secara sinkronis, kemudian memetakannya secara diakronis untuk menjawab satu permasalah pokok. Tineke menunjukkan bahwa kritik feminis “mempunyai tujuan politik yang jelas’ dengan visi untuk “mengedepankan konstruksi kenyataan yang berperspektif feminis.” Bertolak dari ideologi feminis yang “mengarahkan perempuan menjadi subyek yang sadar pada identitas seksual dan gendernya”.

Kritik feminis yang dipakai oleh Tineke mau tidak mau bersifat normatif. Oleh karenanya, walaupun mengakui kemungkinan keragaman makna, kerangka normatif yang dipakai cenderung menunjukkan prioritas terhadap pemaknaan tertentu, dan bukan tidak mungkin kemudian cenderung untuk membatasi toleransi terhadap kemungkinan makna yang lain.


(Barang Habis)

Beranda | RSS 2.0 | Kategori: Buku,Desantara | Trackback | 0 Comments

Leave a Reply

 

Buku terbitan Desantara

  • Radikalisasi Pemuda, PRD Melawan Tirani

    Harga: Rp38,700

    Detail

  • Ritus Modernisasi : Aspek Sosial & simbolik Teater Rakyat Indonesia

    Harga: Rp50,000

    Detail

  • Bissu: Pergulatan dan Peranannya di Masyarakat Bugis

    Harga: Rp24,000

    Detail

  • Srinthil 02 : Perempuan Tayub, Nasibumu di Sana, Nasibmu di Sini

    Harga: Rp15,000

    Detail

  • Majalah Desantara Edisi 07/Tahun III/2003: Dulu Kami Kafir, Sekarang Beragama

    Harga: Rp5,000

    Detail

  • Srinthil edisi 23: Perempuan petani mengelola perubahan

    Harga: Rp15,000

    Detail

 

 
Desantara Foundation
Komplek Depok Lama Alam Permai K3, Depok 16431 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62 (0) 21 77201121 Faks. +61 (0) 21 77210247
Email.mail@desantara.or.id, Web. www.desantara.or.id